Kamis, 15 Desember 2011

Trippler

Suatu tambang, baik itu tambang terbuka ataupun tambang bawah tanah pada intinya kegiatan utamanya adalah pembongkaran (loosening), pemuatan (loading) dan pengangkutan (hauling). Kita biasa dengan tambang terbuka bahwa pembongkaran dan pemuatan adalah menggunakan excavator, sedangkan pengangkutan menggunakan dumptruck.

Tak berbeda jauh dengan tambang terbuka, alat-alat semacam itupun ada. Dalam tambang batubara misalnya, untuk pembongkaran biasanya menggunakan drum cutter atau continuous miner sedangkan pemuatannya bisa menggunakan side dump loader. Untuk pengangkutan selain menggunakan conveyor, ada kalanya menggunakan lori.


Kalau kita biasa di tambang terbuka, bahan galian setelah diangkut kemudian ditumpahkan (dumping) oleh dumptruck di stockpile. Di tambang bawah tanah, mekanisme seperti itupun ada. Jadi setelah batubara dari tambang bawah tanah diangkut menggunakan lori ke permukaan, batubara tersebut akan ditumpahkan di stockpile. Alat untuk menumpahkan batubara ke stockpile tersebut adalah trippler. Bentuk trippler mirip sebuah tabung. Lori dimasukkan ke dalam trippler, setelah itu trippler akan diputar. Sehingga lori akan terbalik, dan batubara akan tertumpah menuju stockpile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More