Selasa, 20 Desember 2011

Minescape On Windows

1. Rekomendasi Konfigurasi Hardware
• Processor 1.8 Ghz +
• Memory 256 Mb +
• Hard disk 40 GB +
• 32 Mb Graphics Card, OpenGL support
• Network Card 10/100 Mbps
• CD Drive
Untuk saat ini Processor 1.8 Ghz adalah “the best price performance”, tetapi jika terdapat perkembangan maka kami akan meningkatkan rekomendasinya. Semakin besar memory yang tersedia akan semakin baik performancenya untuk menjalankan minescape. Minescape selalu berhubungan dengan data yang besar sehingga diperlukan media penyimpanan yang besar juga. Untuk graphics cards disarankan agar menggunakan yang mendukung OpenGL, biasanya produk dengan chipset Nvidia.

2. Third Party Software
Untuk menjalankan Minescape pada operating system Windows NT/Windows 2000/XP diperlukan software third party yaitu X-graphics emulation dan NutCracker serta Oracle, jika produk Geological Database (GDB) dijalankan.

2.1. X-server
Terdapat beberapa product X server yang tersedia dipasaran untuk platform Windows, tapi tidak semuanya mendukung OpenGL. Minescape telah dikembangkan menggunakan Hummingbird Exceed (& Exceed 3D) dan telah dicoba terhadap Reflection X. Kami tidak dapat mencoba Minescape terhadap X server lainnya, tapi sepengetahuan kami terdapat beberapa masalah dengan versi X vision. X server juga memungkinkan pendistribusian process, yang umumnya tidak terdapat dalam platform Windows, seperti misalnya Minescape yang dijalankan dalam satu Host dapat diatur untuk ditampilkan pada mesin lainnya. X server juga menyediakan akses yang mudah ke platform Unix pada jaringan user.
 
Walaupun untuk OpenGL didukung oleh Exceed 3D, akan tetapi Minescape tetap dapat dijalankan dengan Exceed saja, dengan menggunakan perintah X drawing, tapi ini akan menyebabkan pengoperasian menjadi lambat dan tidak adanya sistem rendering. Kecepatan dan fungsi visualisasi juga akan tergantung pada graphics card yang digunakan, oleh karena itu card yang mendukung OpenGL harus digunakan.

2.1.1. Prosedur Instalasi Hummingbird Exceed & Exceed 3D
Catatan: Petunjuk instalasi ini didasarkan produk Hummingbird Exceed and Exceed 3D versi 7.1.0.
 
2.1.1.1 Instalasi Hummingbird Exceed
Masukkan CD Hummingbird Exceed ke dalam drive

Instalasi Hummingbird Exceed

1. Pilih Install Exceed
2. Installation type, pilih Personal Installation
3. Installation language, English (United States), pilih OK.
4. Program instalasi kemudian akan secara otomatis menyiapkan installation wizard, pilih Next.
5. License Agreement form akan ditampilkan; pilih I accept the term in the license agreement, kemudian pilih Next.
6. Tentukan Customer Information dengan mengisi bagian User Name dan Organization dan kemudian pilih Next.

Instalasi Hummingbird Exceed

7. Tentukan destination folder atau biarkan sesuai default folder, dengan memilih Next.
8. Pilih setup type Typical, kemudian Next
9. Pilih Install untuk memulai instalasi dan tunggu hingga form berikutnya ditampilkan.
10. Tentukan Keyboard reference file, yaitu us.kbf, kemudian pilih Next
11. Xconfig password, anda dapat menetukan password untuk access Xconfig tools atau membiarkannya tanpa password dengan cara memilih skip. skip

Instalasi Hummingbird Exceed

12. Xserver tune-up, memungkinkan user melakukan test graphics display yang ada dalam system dengan memilih Next atau dilakukan nanti dengan memilih Skip.

Instalasi Hummingbird Exceed

13. Untuk mengakhiri instalasi, pilih Finish
 
2.1.1.2 Instalasi Exceed 3D
Masukkan CD Hummingbird Exceed 3D kedalam drive
1. Pilih Install Exceed 3D

Instalasi Hummingbird Exceed

2. Installation type, pilih Personal Installation
3. Installation language, English (United States), pilih OK.
4. Program instalasi kemudian akan secara otomatis menyiapkan installation wizard, pilih Next.
5. License Agreement form akan ditampilkan; pilih I accept the term in the license agreement, kemudian pilih Next.
6. Tentukan Setup Type yaitu, Complete, kemudian pilih Next
7. Pilih Install untuk memulai instalasi dan tunggu hingga selesai prosesnya.
8. Untuk mengakhiri instalasi, pilih Finish.

2.1.2 Konfigurasi Hummingbird Exceed
Setelah Hummingbird Exceed + Exceed 3D diinstal, maka harus dikonfigurasi agar menyiapkan performance yang bagus untuk Minescape.
Start > Program > Hummingbird Connectivity V7.1 > Exceed > Xconfig

Konfigurasi Hummingbird Exceed

Exceed Configuration Manager menyediakan akses ke seting yang umum diperlukan, anda cukup memperhatikan hal-hal berikut:
1. Pilih Screen Definition dengan double click pada icon.

Exceed Configuration Manager

− Pada Tab Screen_O , pilih check box (√) Fit Window to Display.

Exceed Configuration Manager

− Pada Tab Common Setting, pilih the check box (√) Exit On Server Reset dan hilangkan ( ) Close Warning On Exit. Pilih OK.

2. Open GL, pilih Protocol > Extentions, kemudian pilih GLX>Configure
− Direct Rendering On/Off (tergantung Card)
− Hardware Acceleration On
− One Visual Pixel Format On
− Overlay Support On/Off (tergantung Card)
Setelah mengubah setting tersebut, anda perlu membuat shortcut untuk Exceed dengan memilih:
Start > Program > Hummingbird Connectivity V7.1 > Exceed, tahan tombol kanan mouse, kemudian pilih Sent To > Desktop (Create Shortcut).

2.2. Nutcracker
Minscape diinstal pada WindowsNT menggunakan tool yang disebut NutCracker, yang menyediakan Unix system call dan runtime environment pada platform Windows. Ini memungkinkan kita menggunakan source code baik Unix maupun Windows, khususnya untuk Layer presentasi yang mencakup X11/Motif dan OpenGL. Jadi seperti pada Unix, kita memerlukan X server untuk mengontrol Windows.

2.3. Oracle
Oracle adalah suatu sistem open data management yang digunakan sebagai system dasar untuk produk Geological Database (GDB). Untuk dapat menjalankan Minescape GDB, maka Oracle harus diinstall terlebih dahulu. GDB dapat dijalankan pada versi 8i (8.1.7) dalam Windows platform, baik pada Personal Edition, Enterprise Edition atau Standard Edition. Kami merekomendasikan untuk menggunakan Enterprise Edition, mengingat edisi tersebut memiliki fasilitas yang paling lengkap. Selain Enterprise edition, pada platform Windows harus juga diinstal Oracle Report Writer.

3. Menginstal Minescape pada WindowsNT/Windows 2000
Minescape menggunakan prosedur instalasi standard untuk platform Windows berdasarkan product InstallShield. Umumnya dengan memasukkan CD ke dalam drive, maka installation wizard akan ditampilkan. Jika tidak browse CD dalam Windows Explorer dan double click pada file aplikasi setup.exe.

Menginstal Minescape pada WindowsNT/Windows 2000

1. Pilih Next
2. Form License Agreement akan ditampilkan, pilih Yes

Menginstal Minescape pada WindowsNT/Windows 2000

3. Installasi akan meminta anda untuk menetukan destination folder, secara default akan disimpan di C:\Program Files\mincom\Minescape 4. Pilih Next untuk menginstal di default folder.

Menginstal Minescape pada WindowsNT/Windows 2000

4. Installation type, anda akan diminta untuk menentukan jenis installasi. Typical adalah cara instalasi yang paling mudah dan aman. Custom memungkinkan anda untuk memilih produk Minescape Product yang ingin diinstal.

Menginstal Minescape pada WindowsNT/Windows 2000

Catatan: Geological Database (GDB) tidak termasuk pada instalasi Typical. GDB akan memerlukan Oracle diinstall pada sistem. Jika GDB dipilih, anda akan diminta untuk memasukkan folder path untuk Oracle_Report_Home.

5. Proses instalasi kemudian akan menawarkan untuk membuat entry dalam folder Start Menu> Programs dimana defaultnya adalah MineScape 4. Pilih Next.
6. Anda harus menentukan Temporary directory. Directory ini harus dapat diakses oleh semua user yang menggunakan Minescape, yaitu C:\Temp (directory tersebut harus dibuat terlebih dahulu atau sudah ada). Browse dan tentukan temporary folder C:\Temp, kemudian Next.
7. MIN_ROOT directory harus ditentukan (misalnya D:\Projects). Directory dimana semua project Minescape akan disimpan.

Menginstal Minescape pada WindowsNT/Windows 2000

8. Minescape dapat menggunakan Graphical Overlays Planes. Ini dapat menyebakan error yang serius jika di set ke TRUE, jika overlays planes tidak terdapat pada graphics card anda. Oleh karena itu, set ke FALSE sebagaimana default, kemudian Next.
9. Installation wizard kemudian akan memberitahu bahwa pada saat instalasi NutCracker akan muncul pesan peringatan Problem in CreateDir in Trace. Abaikan peringatan yang akan muncul tersebut dengan memilih OK.

Menginstal Minescape pada WindowsNT/Windows 2000

10. Sistem kemudian akan memulai untuk menginstal Core Minescape dan semua produk yang dipilih, dilanjutkan dengan instalasi NutCracker Runtime environment, tunggu hingga semua proses selesai, kemudian pilih Finish.
11. Jika patches termasuk dalam product, maka proses akhir akan secara otomatis menginstal patches. Ikuti petunjuk installation wizard untuk menginstal patches dalam directory Minescape. Tunggu sampai semua patches diinstal lengkap, kemudian pilih Finish.
12. Restart sistem.

3.1. Menginstal Patches
Sebelum melakukan instalasi patches, pastikan hal-hal berikut:
• Minescape tidak dijalankan
• Stop ctree dan designfile server services
− Pilih Start>Setting>Control Panel>Administrative Tools>Services
− Cari Minescape ctsrvr dan Minescape dfserver
− Pilih Minescape ctsrvr, tahan tombol kanan mouse dan pilih stop. Lakukan hal yang sama untuk Minescape dfserver

Lakukan Instalasi patches, seperti berikut:
Catatan: Pacthes harus diinstal sesuai dengan urutan nomor patch-nya, misal patch01 harus diinstal terlebih dahulu sebelum patch02 dan seterusnya.
• Masukkan CD patch kedalam CD-drive
• Browse CD, kemudian double click pada file patch, missal m.114c-patch01.exe
Installation wizard akan otomatis dijalankan dan menginstall file-file patch kedalam directory default Minescape (C:\Program Files\Mincom\Minescape 4). Ikuti petunjuk pada wizard, kemudian pilih next hingga instalasi selesai.
Restart ctree and designfile server services
• Pilih Start>Setting>Control Panel>Administrative Tools>Services
• Pilih Minescape ctsrvr, tahan tombol kanan mouse dan pilih start. Lakukan hal yang sama untuk Minescape dfserver.

4. Services dan Environment Variables
4.1. Services
Start>Settings>Control Panel>Administrative>Services

Services dan Environment Variables

Minescape menginstal Design File Server dan Ctree Server sebagai Windows services. Services ini dikonfigurasi pada saat instalasi Minescape sehingga pengguna hanya perlu untuk memahaminya. Secara prinsip kedua server tersebut sama dengan server di Unix hanya pada Microsoft disediakan interface untuk mengkonfigurasi start dan stop services.
Design File Server dan Ctree Server harus dijalankan dengan Administrator privileges.

2 komentar:

  1. butuh tutorial minescape videos plus lengkap?
    silahkan kunjungi blog saya:

    http://wawansudiantoro.blogspot.com

    BalasHapus
  2. as.wr.wb .
    pak bagaimana cara download aplikasi minescape tersebut.?
    atas perhatiannya saya ucapkan trims.

    BalasHapus

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More